BERITA

Peb 19
RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PENILAIAN PROGRAM DESA/KELURAHAN BERSERI DI WILAYAH BAKORWIL I MADIUN
Author : Bidang Sarpras   |   Dilihat : 189

Penanganan lingkungan selama ini belum terkoordinasi dengan baik, masih bersifat parsial yang dilaksanakan oleh berbagai sektor dan tidak berkelanjutan, untuk itu diperlukan upaya terobosan yang memiliki daya ungkit dalam upaya pelestarian lingkungan dan diperlukan perubahan yang bersifat sistemik dan menyeluruh dalam upaya penanganan masalah lingkungan.oleh karena itu sudah sepatutnya jika menjadikan lingkungan tempat tinggal menjadi senyaman mungkin sehingga dapat menimbulkan suatu keselarasan bagi individu yang mendiaminya. Salah satu cara untuk menjaga kenyamanan lingkungan yaitu dengan cara mencanangkan dan memprioritaskan kebersihan baik itu kebersihan individu maupun kebersihan lingkungan tempat tinggal. Program berseri adalah merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparat desa/kelurahan agar mau dan mampu menumbuh kembangkan potensi desa/ kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berperilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan desa/kelurahan yang bersih dan lestari. Ekspektasi program berseri adalah menciptakan desa/kelurahan menjadi kampung berseri Jatim yaitu desa/kelurahan bersih dan lestari yang layak untuk dikunjungi karena komponen pengelolaan lingkungan telah dilaksanakan dan dikembangkan dengan baik.

Dalam sambutannya kepala Bakorwil I Madiun yang diwakili oleh kepala bidang sarana dan prasana dalam rapat koordinasi persiapan penilaian desa/kelurahan berseri tahun 2019 yang dilaksanakan di Bakorwil I Madiun menyampaikan beberapa hal :

1. Diharapkan dengan adanya desa/kelurahan berseri ada suatu program yang memprioritaskan salah satu komponen lingkungan yang akan dikembangkan disesuaikan dengan potensi lokal dan kemampuan masyarakat yang diyakini akan bersinergi untuk menyelesaikan permasalahan lokal ataupun mengembangkan potensi lokal.
2. Kader lingkungan berseri untuk terus berinovasi dan terus aktif agar pengelolaan lingkungan berjalan terus secara berkelanjutan serta ikut melaksanakan konservasi sumber daya alam baik air, tanah dan udara serta flora dan fauna dan saling bertukar informasi baik melalui kegiatan pelatihan maupun bergabung dalam “paguyuban berseri Jatim.
3. Setelah mempuyai keunggulan menuju kampung berseri Jatim, desa/kelurahan di masing – masing kabupaten/kota ikut serta pada program lanjutan yang diselenggarakan oleh Pemerintah pusat untuk diusulkan ke proklim.

Setelah kegiatan rapat ini Bakorwil I Madiun akan melakukan monitoring dan pembinaan terhadap desa/kelurahan berseri Jatim khususnya desa/kelurahan yang akan diusulkan oleh masing – masing kabupaten/kota diwilayah Bakorwil I Madiun dalam rangka menghadapi evaluasi lapangan pada bulan maret 2019 serta Bakorwil I Madiun akan menjadi salah satu tim evaluasi lapangan desa/kelurahan berseri tahun 2019.