BERITA

Nov 21
ISU PERMASALAHAN PELAKU KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)
Author : Bidang Pembangunan Ekonomi   |   Dilihat : 397

Permasalahan yang sering dihadapi oleh wirausaha baru dan pelaku UMKM adalah akses permodalan, maka pelaku UMKM mengharapkan/mengusulkan dalam pemberian pinjaman modal baik dari pemerintah maupun pihak ketiga/ BUMN tidak mempersyaratkan agunan/jaminan cukup dilihat dari kredibilitas dan legalitas UMKM.

Untuk mendapatkan bantuan/pinjaman modal dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM dapat mengajukan proposal ke Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten setempat yang dilanjutkan ke Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur guna dilakukan verifikasi untuk mendapatkan rekomendasi dengan mekanisme, persyaratan ketentuan lainnya yang ditetapkan.

PT. INKA sebagai salah satu BUMN di Kota Madiun siap berperan aktif dalam mendukung Program Pemerintah sebagai bentuk Tanggung jawab Sosial Perusahaan (TSP) melalui dana Corporate Social Responsibility ( CSR ) yang diambil dari sebagian laba bersih perusahaan dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan ( PKBL ) diharapkan lebih fokus mengarah kepada kegiatan pembinaan dan pelatihan antara lain : peningkatan adminitrasi, mutu serta pemasaran produk UMKM, sementara untuk mendapatkan bantuan permodalan dapat mengajukan proposal dengan pengantar dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota setempat.

Perlu adanya komitmen untuk sinkronisasi, koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota serta stakeholder terkait dalam rangka program pembangunan sektor Industri dan Perdagangan guna menghadapi revolusi Industri 4.0 menjadi penting.

Demikian beberapa hal rangkuman, catatan penting dan rekumendasi hasil Pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten/Kota se Bakorwil I Di Madiun Tahun 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2018. Hal ini disampaikan oleh para narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur dengan tema Kebijakan Pola Pembiayaan bagi Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (K-UMKM) di Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dengan tema Kebijakan dan Strategi Pengembangan Industri Dalam Era Revolusi Industri 4.0 di Jawa Timur dan PT INKA Madiun dengan tema Mekanisme penyaluran pinjaman Koperasi dan UMKM melalui Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan(PKBL).

Pada Rakor tersebut dihadiri Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Perekonomian, Perwakilan Kepala Desa/Kelurahan dan Perwakilan Pelaku usaha/UMKM Kabupaten/Kota Se Bakorwil I Madiun.