BERITA

Peb 1
Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Progam Desa/Kelurahan Berseri Di Wilayah Bakorwil I Madiun
Author : Sarpras   |   Dilihat : 36

Penanganan lingkungan selama ini belum terkoordinasi dengan baik, masih bersifat parsial yang dilaksanakan oleh berbagai sektor dan tidak berkelanjutan. Sedangkan peran pemerintah, dunia usaha dan masyarakat pada umumnya juga belum optimal, sehingga untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat yang merupakan bagian dari hak asasi manusia ternyata belum menjadi milik setiap manusia sebagai individu maupun kelompok masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya terobosan yang memiliki daya ungkit dalam upaya pelestarian lingkungan dan diperlukan perubahan yang bersifat sistemik dan menyeluruh dalam upaya penanganan masalah lingkungan.

Pendekatan Desa/Kelurahan dengan melibatkan unsur masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi, dapat sebagai solusi dalam penanganan masalah lingkungan. Mengingat dengan keterlibatan masyarakat sejak dini menumbuhkan proses pembangunan yang partisipatif, dan kemandirian masyarakat, khususnya masyarakat yang rentan dari dampak lingkungan, sehingga masyarakat dapat memperoleh manfaat dari hasil pembangunan terkait dengan penanganan masalah lingkungan.
Dalam rangka mewujudkan komitmen masyarakat Desa/Kelurahan agar melaksanakan pembangunan berkelanjutan yang berbasis dan berwawasan lingkungan sehingga terbentuk Desa/Kelurahan yang Bersih, Sehat, Lestari dan Asri, Bakorwil I Di Madiun berkerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan penilaian progam desa/kelurahan berseri di wilayah Bakorwil I Madiun pada tanggal 1 Pebruari 2018.

Kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) merupakan salah satu Program Provinsi Jawa Timur menuju Provinsi Hijau (Go Green Province) yang merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparatur Desa/Kelurahan agar mau dan mampu menumbuh kembangkan potensi desa/ kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berprilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan desa/ kelurahan yang bersih dan lestari.

Strategi yang diterapkan dalam Program BERSERI meliputi : Strategi Bersih yaitu menumbuhkan budaya bersih pada masyarakat untuk mencintai lingkungan, Strategi Lestari yaitu dengan meningkatkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan perilaku sehat serta Strategi Ekonomi Hijau yaitu dengan menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk generasi kini dan yang akan datang melalui pola dan aktifitas kegiatan ekonomi yang ramah lingkungan. Oleh karena itu dalam pengembangannya diperlukan langkah-langkah pendekatan insentif (rangsangan) dan desentif (pemberdayaan), yaitu pembinaan, fasilitasi dan pembentukan kader lingkungan dengan pendampingan/pendekatan secara berkelanjutan.