BERITA

Apr 19
PROGRAM RASTRA DAN BPNT TAHUN 2017 SIAP CAIR
Author : Kemasyarakatan   |   Dilihat : 348

Penanganan kemiskinan yang telah dilakukan pemerintah diantaranya dengan program perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan dasar berupa kebutuhan pangan pokok yang dikenal dengan program Rastra (beras untuk kesejahteraan) dan BPNT (bantuan pangan non tunai) yang merupakan bagian dari sistem ketahanan pangan nasional.

Bakorwil I di Madiun pada hari Rabu tanggal 18 April 2017 telah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Dan Sosialisasi Pelaksanaan Program Rastra Dan BPNT Se Wilayah Bakorwil I Di Madiun Tahun 2017 dengan mengundang stakeholder terkait pada Kabupaten/Kota Se Wilayah Bakorwil I Di Madiun yaitu Asisten yang membidangi, Kabag Perekonomian, Kabid Sosial, Perwakilan 2 orang Camat dan 1 orang Koordinator TKSK serta Perum Bulog Sub Divre Madiun, Ponorogo, Tulungagung dan Kediri.

Acara dibuka Kepala Bakorwil I di Madiun Dr. Suprianto, SH MH dalam sambutannya menyampaikan arahan bahwa bantuan subsidi Rastra akan ditransformasikan menjadi BPNT untuk meningkatkan efektifitas dan ketepatan sasaran program serta mendorong inklusi keuangan, dengan program baru ini diharapkan penerima manfaat tidak hanya bisa memperoleh bahan pokok beras akan tetapi juga bisa mendapatkan bahan pangan lainnya sesuai kebutuhannya. Dengan terbitnya Pagu, Pedum dan Juklak, diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk segera menindak-lanjuti dengan membuat petunjuk teknis agar bantuan subsidi Rastra dan BPNT dapat segera disalurkan kepada kelompok masyarakat yang membutuhkannya. Selain itu juga perlu mengalokasikan dana untuk program pendampingan atau Rastrada untuk menjangkau kelompok masyarakat yang membutuhkan namun belum tercover oleh bantuan subsidi Rastra dan BPNT.

Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jawa Timur Roy Rahmadi Prawira , S.Sos, MBA dan Junaidi Zamhari, SE, M.Si dari Biro Administrasi Perekonomian Setda Provinsi Jawa Timur selaku narasumber menyampaikan materi bahwa pelaksanaan program Rastra dan BPNT tahun 2017 segera cair dan ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia sedangkan untuk pelaksanaan Rastra tahun 2017 harus lebih baik dari tahun sebelumnya yaitu 100 persen penyaluran dan pembayarannya.

Program BPNT berkerjasama dengan Himbara (Bank) yang diarahkan untuk keluarga penerima manfaat dengan menggunakan voucher pangan elektronik (E-Voucher) dengan nilai Rp. 110.000,- per bulan. Kartu E-Voucher yang telah diisi phak Bank tiap bulan dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pangan berupa beras kwalitas medium plus dan gula pasir ke E Warung atau Rumah Pangan Kita (RPK) atau toko yang di tunjuk untuk melayani KPM.

Di wilayah Bakorwil I di Madiun penerima bantuan subsidi Rastra tahun 2017 adalah 546.320 KPM dengan Pagu Rastra sebesar 98.337.600 Kg yang tersebar diwilayah Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Magetan dan Ngawi, sedangkan alokasi pagu BPNT tahun 2017 di Kota Kediri dan Kota Madiun berjumlah 18.233 KPM dan Jumlah uang yang disalurkan sebesar Rp. 24.067.560.000,-

Kegiatan rapat sangat dimanfaatkan oleh peserta rapat terbukti dengan banyaknya saran, masukan dan pertanyaan saat dialog dan tanya jawab yang dipandu moderator dari unsur akademis yaitu Agus Wiyaka, S.Sos MSi Dekan Fisip Unmer Madiun, Alhamdulillah seluruh rangkaian acara terlaksana dengan baik, tertib dan lancar sesuai alokasi waktu yang dijadwalkan.