BERITA

Peb 10
Monitoring Persiapan Pelaksanaan Program Rastra dan BPNT Tahun 2017.
Author : Kemasyarakatan   |   Dilihat : 374

Dalam rangka menurunkan angka kemiskinan, maka Pemerintah Pusat telah melangkah dengan berbagai cara dan upaya diantaranya melalui program perlindungan sosial dengan memberikan subsidi pangan atau yang dikenal dengan program Rastra (Beras untuk kesejahteraan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) tahun 2017.
Sasaran program yaitu KPM (keluarga penerima manfaat) yang telah didata secara by name dan by address. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Bakorwil Madiun siap mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan program Rastra dan BPNT tahun 2017 agar terlaksana dengan tertib, aman dan lancar.
Untuk mengetahui persiapan pelaksanaan program Rastra dan BPNT tahun 2017 tersebut, Bakorwil madiun telah melaksanakan Monitoring ke Kabupaten/Kota se Bakorwil Madiun dengan hasil sebagai berikut :
1. Pelaksanaan Program Rastra Tahun 2016 di Wilayah Bakorwil Madiun terlaksana dengan aman,tertib dan lancar (distribusi Rastra sebesar 8.797.845 Kg yang diterimakan kepada 586.523 RTS-PM tanpa ada tunggakan);
2. Terjadinya keterlambatan turunnya Pagu, Pedum dan Juklak Program Rastra dan BPNT Tahun 2017 berakibat pada keterlambatan distrubusi Program Rastra dan BPNT Tahun 2017 yang sudah ditunggu Keluarga Penerima Manfaat (BPNT diujicobakan pada Kota Madiun dan Kota Kediri, serta 4 Desa/Kelurahan pada Kabupaten Kediri);
3. Pemerintah Kabupaten/Kota Se Bakorwil Madiun menunggu Pagu, Pedum dan Juklak Rastra dan BPNT Tahun 2017 untuk dijadikan bahan acuan dalam menyusun Juknis, Tim Koordinasi Rastra, Sosialisasi dan Distribusi Rastra dan BPNT Tahun 2017;
4. Pemerintah Kabupaten/Kota Se Bakorwil Madiun telah mengalokasikan anggaran sesuai dengan kemampuan melalui APBD Kab/Kota dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Program Rastra dan BPNT Tahun 2017;
5. Sub Divre Bulog yang ada di wilayah Bakorwil Madiun siap mendukung pelaksanaan Program Rastra dan BPNT Tahun 2017 dengan ketersediaan stock dan kemasan beras kualitas medium dan medium plus yang aman.
6. Pentingnya validasi dan ferifikasi data keluarga penerima manfaat dan optimalisasi peran TKSK dalam memperlancar program Rastra dan BPNT tahun 2017.

Hasil Monitoring telah dilaporkan ke Bapak Gubernur Jawa Timur dengan harapan agar dalam waktu tidak lama segera dilaksanakan launching Program Rastra dan BPNT tahun 2017 di Jawa Timur. Selanjutnya Bakorwil Madiun juga akan menindaklanjuti launching tersebut dengan mengadakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Program Rastra dan BPNT Tahun 2017 pada Kabupaten/Kota Se Bakorwil Madiun.
Pemerintah Kabupaten/Kota bersama stake holder terkait juga akan menyiapkan petunjuk teknis dilapangan dan juga kegiatan pembentukan Tim Koordinasi serta Sosialisasi Pelaksanaan Rastra dan BPNT tahun 2017 ditingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa/Kelurahan dengan harapan :
1. Program Rastra dan BPNT pada Kabupaten/Kota tahun 2017segera terlaksana dengan baik dan lancar terutama distribusi/pencairan program yang telah ditunggu keluarga penerima manfaat;
2. Program Rastra dan BPNT tahun 2017 terlaksana dengan tepat sasaran, efektif dan lebih baik dari tahun sebelumnya;
3. Adanya kesiapan baik system, suplai stock, data yang valid dan kerjasama yang baik dalam mendukung pelaksanaan Program Rastra dan BPNT tahun 2017.

Program ini sangat ditunggu Keluarga Penerima Manfaat dengan harapan dapat mengurangi beban pengeluaran rumah tangga miskin sehingga kebutuhan pangan tercukupi (KPM tidak resah dan merasa tentram, aman dan nyaman).